Kamis, 30 Oktober 2014

Jaga Kebersihan Kamera



Partikel debu pada sensor menjadi masalah dalam fotografi digital, membuat foto-foto yang mestinya bagus menjadi rusak dan harus di bersihkan di photoshop. Hamper semua SLR mempunyai system pembersih sensor yang tertanam di dalam kamera, tapi seringnya system ini kurang efektif.

Full-frame SLR yang lebih terjangkau juga memiliki sensor lebih besar, sehingga pembersihan rutin menjadi prioritas. Tapi, pekerjaan ini tidak bisa di anggap enteng. Bagian dalam kamera modern sangat rentan dan tentunya kita tidak ingin merusak bagian yang bergerak atau elemen elektronik apa pun selama proses pembersihan tersebut.

Dalam panduan ini, saya akan memberitahukan cara yang benar untuk membersihkan bagian dalam SLR, menggunakan alat sederhana yang banyak di jual di toko peralatan fotografi.



Mengunci

matikan lensa, lepaskan lensa dan kunci mirror internal. Keluarkan alat pembersih sebelum mulai untuk meminimalkan waktu ketika kamera tanpa lensa.



Meniup

ambil blower dan tiupkan debu yang menempel. Jangan sampai ujung blower mengenai sensor atau bagian dalam kamera. Pegang kamera dengan lensa mount menghadap kebawah untuk menghindari masuknya debu.



Membersihkan sensor

Pilih  pel  pembersih yang berukuran pas untuk sensor SLR anda dan masukan pel tersebut dan sapukan di sepanjang sensor dengan lembut.



Mengecek hasil

Usai melakukan pembersihan, pasang kembali lensa pada bodi SLR dan buat foto percobaan dengan merekam kertas putih polos untuk memastikan debu pada sensor telah hilang. Aperture sempit f/22 akan menampilkan sisa kotoran tertinggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar