Jumat, 31 Oktober 2014

Tips pemotretan agar gambar lebih tajam dengan disangga tanggan



Berikut ini cara efektif untuk memperbaiki tingkat keberhasilan saat memotret tanapa menggunakan tripod

Atur lensa dengan benar

Jika lensa memiliki cincin mount tripod, putarlah cincin tersebut agar kakinya berada di atas lensa. Dengan demikian, anda bias memutar lensa dengan tangan kiri agar pegangan lebih stabil. Atau, lepaskan semuanya saat perekaman dengan kamera di sangga tangan. Aktifkan stabilisasi gambar dan selalu pastikan untuk memilih modus yang memperbaiki gerakan di segala arah jika system menawarkan opsi tersebut.

Mencari penahan
Lilitkan tali kamera (strap) mengelilingi tangan kanan anda dan tarik agak kuat untuk memperkuat kestabilan. Berdirilah denga kaki direnggangkan selebar bahu, posisikan siku dekat tubuh dan tekan viewfinder eyecup ke wajah. Menggeser jari ke tombol shutter kamera akan lebih baik daripada menekannya kuat-kuat agar bagian kanan kamera tidak terlalu tertekan ke bawah.

Bersandar
Untuk mendapatkan foto lebih tajam, carilah benda yang kokoh untuk menyandarkan kamera, lensa, atau tubuh. Menggambil posisi rendah juga bisa membantu, terutama denganlensa yang ukuranya lebih panjang dan lebih berat.  Cobalah berbaring di atas tanah dan menyandarkan kamera k etas kamera. Atau, cobalah berlutut dengan kaki kanan di atas tanah dan siku kiri di atas lutut kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar